Tuesday, May 10, 2011

Tiga Usaha Mendapatkan Uang

Tiga Usaha Mendapatkan Uang
sumber ( http://berwirausaha-yuk.blogspot.com/2010/12/tiga-usaha-mendapatkan-uang.html )

Sebelum kita mendalami lebih dalam tentang kewirausahaan saya akan menjelaskan usaha-usaha untuk mendapatkan uang. Bagaimana cara memperoleh uang? Jawaban cukup satu kata yaitu USAHA. Usaha adalah suatu aktifitas pikiran dan tubuh untuk mendapatkan keadaan yang lebih baik. Mendapatkan keadaan yang lebih baik merupakan tujuan sedangkan salah satu alat yang kita gunakan sekaligus yang kita cari adalah UANG. Sehingga ada hubungan timbal balik antara usaha dan uang, kita berusaha untuk mencari penghasilan berupa uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, jika kebutuhan kita telah terpenuhi maka tubuh dan pikiran kita sehat sehingga bisa berusaha.

Untuk memperoleh uang dari hasil usaha seseorang harus melalui proses tetapi seseorang tersebut lupa harus melalui proses tersebut sehingga kadang ia berputus asa dari apa yang dikerjakannya. Orang-orang tersebut hanya melihat orang lain telah sukses melakukan suatu pekerjaan dan memperoleh banyak uang tetapi proses yang dilalui oleh orang sukses itu tidak mereka lihat. Proses inilah yang didalamnya terdapat banyak usaha-usaha yang dilakukan oleh orang sukses tersebut.

Banyak orang-orang sukses harus melewati beberapa kegagalan sebelum mereka sukses. Seorang Kepala Bagian mungkin harus melewati masa lima tahun menjadi staf. Sebuah toko pernah merasakan tanpa pelanggan sebelum laris manis diserbu pelanggan. Walaupun telah berupaya membuat masakan terbaik sebuah restoran mendapatkan kritik dari pelanggannya tentang rasa, pelayanan, dan penyajian. Dalam kerja semua orang akan mendapat tekanan sebelum mereka memperoleh apa yang mereka inginkan, tetapi tekanan itu bukan penghalang bagi perwirausaha sejati karena ia akan senantiasa menjari jalan sampai keinginan mereka terwujud.

Saya punya cara agar kita dapat melewati proses lebih cepat tanpa melalui banyak tekanan dalam berusaha yaitu BELAJAR. Dalam belajar disini maksudnya dengan cara mencari tahu melalui membaca, melihat, mendengar dari pengalaman orang lain kemudian kita ambil hikmahnya untuk pekerjaan kita.

Baiklah pelajaran pertama adalah mengenal 3 (tiga) jenis Usaha yang dapat dilakukan:

1. Bekerja untuk/pada orang lain.
2. Bekerja sendiri
3. Memperkerjakan orang lain
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Bekerja untuk/pada orang lain

Seorang yang telah selesai merampungkan pendidikannya akan berusaha melamar pekerjaan. Jika ia diterima oleh perusahaan maka orang tersebut dapat kita katakan bahwa ia bekerja untuk/pada orang lain. Orang lain yang dimaksud bentuknya bisa perusahaan atau lembaga yang menerima pelamar untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkannya. Pada jenis pekerjaan ini kita diangkat sebagai pegawai yang harus taat pada peraturan perusahaan atau lembaga, jika tidak maka lembaga bisa memberhentikannya (dipecat).

Jika kita bekerja untuk/pada orang lain kita harus memenuhi kualifikasi yang diinginkannya, jika tidak maka tidak akan diterima. Selanjutnya dalam bekerja kita juga memerlukan target-target yang harus dicapai yang akan menjadi penilaian kinerja kita, ditambah lagi kita harus taat dan patuh pada peraturan perusahaan. Walaupun demikian kerja jenis ini memiliki beberapa kelebihan yaitu penghasilan yang kita peroleh diberikan pada jangka waktu yang dapat diperkirakan seperti mingguan atau bulanan, kita tidak memerlukan modal uang tetapi memerlukan kualifikasi baik dari sisi pendidikan atau ketrampilan, dan pekerjaan lebih simple.

Beberapa contoh orang yang bekerja untuk orang lain adalah pegawai, pelayan toko,dan pembantu rumah tangga.

Bekerja Sendiri

Tidak selamanya orang mau bekerja pada orang lain, hal ini karena beberapa alasan seperti penghasilan yang kurang, pekerjaan yang tidak cocok, atau tidak suka menjadi bawahan. Ada juga yang sulit melamar pekerjaan karena kualifikasi yang tidak cukup. Alternatif yang dapat mereka lakukan adalah Bekerja Sendiri.

Bekerja Sendiri adalah membuka peluang kerja yang dapat dilakukan sendiri. Pekerjaan tersebut memperoleh hasil jika kita mempunyai pelanggan yang mau membeli atau memakai produk yang kita pasarkan. Produk yang dipasarkan dapat berbentuk barang atau jasa yang dapat memuaskan pelanggannya.

Untuk dapat bekerja sendiri yang anda lakukan adalah jeli mencari peluang usaha yang dapat anda lakukan sesuai pendidikan, pengalaman, dan kemampuan anda. Peluang usaha ini juga dapat diperoleh melalui hobi seperti melukis, mengukir, dan membuat patung. Dapat juga melalui kursus seperti kursus komputer, kursus memasak, atau kursus eletronik yang dapat menjadikan sebagai guru privat komputer, guru masak atau juga bisa juga buka resto, dan membuka service elektronik. Menjadi pedagang juga salah satu bentuk kerja jenis ini.

Modal dalam pekerjaan ini tergantung peluang usaha yang dilakukan. Bisa saja hanya memerlukan modal berupa pekakas kerja, barang dagangan atau hanya keahlian saja. Kreatifitas juga dapat dijadikan modal untuk membuka peluang kerja ini.

Mempekerjakan Orang Lain

Orang-orang yang mempunyai dana besar dan melihat peluang usaha bisa saja membuka usaha dengan membuat peraturan dan merekrut pegawai untuk menjalankan peluang usaha tersebut. Atau tidak harus mereka membuka sendiri tetapi dapat juga bekerja sama dengan orang yang mampu mengelola usaha dengan cara berbagi keuntungan.

Biasanya orang-orang menamakan kerja ini bernama Investasi. Dengan cara ini anda tidak perlu bekerja langsung tetapi hanya memantau perkembangan usahanya di dalam rumah dengan membaca laporan-laporan yang diberikan pegawai. Kadang juga kita bisa memeriksa keadaan usaha dengan melakukan audit.

Untuk kerja jenis ini tidak hanya modal yang kadang besar juga memerlukan kemampuan kepemimpinan dan manajemen yang baik karena dalam kerja jenis ini kita harus mengatur orang lain dan usaha kita.

Nah saya sudah jelaskan 3 (tiga) jenis usaha yang anda dapat lakukan untuk mendapatkan uang. Sekarang anda sendiri yang menentukan jenis usaha apa yang akan dipilih. Semoga SukseS.



kumpulan motivasi stia aan